Chat with us, powered by LiveChat
Recent News
Legenda Asal Mula Adanya Es Cincau Ijo Sayuti
Spread the love

JackpotSelalu – Legenda asal mula adanya Es Cincau Ijo Sayuti. Es Cincau ijo Pak Sayuti bisa disebut menjadi legenda kuliner di Kota Bogor, Jawa Barat, mempunyai perasaan yang ciri khas serta terbangun semenjak tahun 1991.

Cecep Mulyadi (24) generasi ke-2 yang melanjutkan usaha Es cincau ijo Pak Sayuti, waktu didapati, Minggu, menyampaikan, Pak Sayuti menjadi pelopor hadirnya es cincau di Kota Bogor.

“Ayah yang pertama-tama membawa es cincau ijo ke Bogor, ayah pindah dari Cianjur jualan es cincau, dulunya digotong keliling bukan tinggal seperti saat ini,” kata Cecep.

Cecep ialah putra bungsu dari lima bersaudara anak almarhum Sayuti. Ia bersama dengan abangnya Ibrahim (37) melanjutkan usaha jualan Es cincau ijo Pak Sayuti di Jl Siliwangi. Depan asinan Gedung Dalam, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Legenda Asal Mula Adanya Es Cincau Ijo Sayuti

Es Cincau Ijo Sayuti
Es Cincau Ijo Sayuti

Tempat es cincau ijo Pak Sayuti berjualan tidak ada di tepi jalan seperti kita umum lihat pedagang es cincau. Menjual di sejumlah titik Jl Pajajaran Kota Bogor.

Es cincau ijo Pak Sayuti telah tinggal berjualan di ruang parkir sentral oleh-oleh asinan Gedung Dalam. Tempatnya agak masuk ke tepi Jl Siliwangi.

Walaupun tempatnya agak di sudut, tapi Es cincau ijo Pak Sayuti mempunyai peminat serta pelanggan yang telah jadi tinggal. Ini diantaranya karena perasaan ciri khas yang dipunyai es cincau itu.

Menurut Cecep, walaupun telah generasi ke-2. Mereka masih mengawasi kekhasan es cincau ijo pak Sayuti. Perasaan cincaunya masih fresh, sesuai dengan resep yang dibiarkan almarhum Sayuti.

“Tahun 1991 ayah sempat mendapatkan kursus dari IPB, karena itu merk dagang yang kami tunjukkan tetap ditulis binaan IPB,” tuturnya.

Pada tahun 1991-1992 Sayuti mendapatkan kursus lewat Pusat Penelotian serta Peningkatan Tehnologi Pangan (Pusbangtepa) IPB. Didalam project makanan jalan.

Dibawah tuntunan Prof F G Winarno, Pak Sayuti mendapatkan binaan bagaimanakah cara memproses cincau yang baik serta benar hingga membuahkan perasaan serta manfaat yang baik untuk kesehatan, termasuk juga pengemasan.

“Kursus itu, ayah di ajarkan cara membuat yang bersih, pemrosesan yang rapi, serta tidak memakai bahan kimia,” kata Cecep.

Air Sumur

Salah satunya resep es cincau ijo Pak Sayuti supaya masih enak serta bermanfaat, adalah memakai daun cincau yang diambil dengan seleksi. Yang baik lantas pengolahannya memakai air sumur.

Menurutnya, mereka tidak dapat memakai air PAM atau ledeng untuk memproses cincau, karena bisa mengakibatkan kerusakan perasaan ataupun struktur serta warna dari cincau.

“Manfaat cincau ini telah di teliti bisa menyembuhkan kanker, obat panas dalam, serta baik buat ibu yang baru melahirkan,” tuturnya.

Es cincau ijo Sayuti di jual dalam paket makan ditempat seharga Rp8.000 satu gelas.  Atau bawa serta pulang di harga Rp15.000 seberat satu kilo, dapat dikonsumsi lebih dari lima gelas.

Cincau di nikmati dengan es santan digabung gula. Konsumen bisa pilih gula putih atau gula aren. Keinginan memakai gula aren hadir dari customer yang hindari terserang diabetes.

“Karena ada yang takut terkena diabet, mereka pesan, coba gunakan gula aren. Nyatanya banyak pula yang berminat,” kata Cecep.

Es cincau ijo Pak Sayuti hanya satu yang menyiapkan gula aren, hingga konsumen miliki pilihan perasaan lainnya tidak hanya gula putih cair. Diluar itu, Sayuti juga tidak mencapur es cincau dengan air kelapa, masih bertahan dengan santan yang dieskan.

Es cincau ijo Pak Sayuti cuma mempunyai dua cabang, yaitu di Jl Sudirman depan redtor Yun-Sin, serta Sentul. Siap terima pesanan untuk nikahan atau acara apa pun.

Sayuti yang wafat 2014, sewaktu hidupnya banyak melatih orang berjualan es cincau ijo. Hingga umumnya yang berjualan es cincau di Kota Bogor kenal Sayuti.

Sugiharti (54) salah satunya pelanggan masih Es cincau ijo Pak Sayuti mengakui telah berlangganan lama. Perasaan yang ciri khas serta terbangun jadi alasannya cuma beli es cincau Sayuti.

“Rasa-rasanya beda, lebih enak serta ciri khas di banding es cincau yang lainnya. Saya jika ingin es cincau hanya beli es cincau sayuti,” kata Sugiharti.

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *